Thursday, September 26, 2013

Silabus MPI Non Reg I



KEMENTERIAN AGAMA  RI
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
 SULTHAN  THAHA  SAIFUDDIN  JAMBI
PROGRAM PASCASARJANA

Jl. Jambi – Ma. Bulian KM 16 Simpang Sungai Duren ( 0741 - 584118
 
 


Mata Kuliah                            : Metode Penelitian MPI/Non-Reguler  I
Hari/Jam                                  : Sabtu/I (07.30-09.10 Wib)                          
Dosen                                      : 1. Prof.Dr.H.Muntholib SM,MS
  2. Samsu, M.Pd.I.,Ph.D.

A.    Kompetensi Dasar
Mahasiswa memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang langkah-langkah penelitian kualitatif dan kuantitatif.

B.     Indikator Pencapaian Hasil Belajar
1.      Mahasiswa menguasai teori dalam penelitian dengan topik-topik yang umumnya ada dalam metode penelitian.
2.      Mahasiswa mengenal dan menguasai tahapan penelitian yang ada
3.      Mahasiswa memahami langkah-langkah penelitian kualitatif dan kuantitatif  

C.    Materi Pokok Perkuliahan

NO
TGL
MATERI PERKULIAHAN
METODE
1

Kontrak kuliah & penyampaian silabus
Perkenalan/kontrak kuliah/ penyampaian silabus
2

Masalah penelitian
Ceramah/drill/penugasan
3

Judul penelitian
Ceramah/drill/penugasan
4

Variabel, kisi-kisi/indikator penelitian
Ceramah/drill/penugasan
5

Grandtour & latar belakang masalah
Ceramah/drill/penugasan
6

Perumusan masalah
Ceramah/drill/penugasan
7

Tujuan penelitian
Ceramah/drill/penugasan
8

Signifikansi penelitian
Ceramah/drill/penugasan
9

Studi relevan & posisi penelitian yang
Dilakukan
Ceramah/drill/penugasan
10

Mid Semester
-
11

Metode Penelitian
a)      Jenis penelitian yang digunakan
b)      Langkah-langkah penelitian
Ceramah/drill/
penugasan
12

IPD & metode pengumpulan data
Ceramah/drill/penugasan
13

Analisis data (kuantitatif)
Ceramah/drill/penugasan
14

Analisis data (kualitatif)
Ceramah/drill/penugasan
15

Penulisan laporan
Ceramah/drill/penugasan
16

Semester
-


  1. Strategi Pembelajaran
Menerapkan strategi pembelajaran melalui pemberian pengetahuan dan pemahaman terhadap materi perkuliahan dengan menggunakan aplikasi teori dan praktek dengan pendekatan pembelajaran aktif (active learning strategy). Dengan menggunakan metode ceramah, drill/latihan, dan penugasan perorangan.

  1. Tagihan Belajar
1.      Jenis Tagihan: forto folio (tugas mandiri/perorangan).
2.      Bentuk Tagihan: Evaluasi berbasis kelas (mid semester/semester), performance (partisipasi dalam kelas) dan take home.


  1. Sumber/Rujukan
Abbas Tashakkori & Charles Teddlie. 2010. Sage handbook of mixed methods in social & behavioral research.  California: Sage Publications, Inc.

Ananda Kumar Palaniappan. 2007. SPSS untuk penelitian pendidikan. Selangor: Scholar Press.

Beni Ahmad Saebani. 2008. Metode Penelitian, Bandung: Pustaka setia.

Chua, Y. P. 2006. Kaedah dan statistik pendidikan: Kaedah penyelidikan. Buku 1. Kuala Lumpur: McGraw-Hill Education.

Creswell, J. W. 2005. Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. (2nd.ed.). New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.

Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif & Kualitatif, Jakarta: RaGrafindo Persada.

JR. Raco, dan Conny R. Semiawan (Pengantar). 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Cikarang (Jakarta): Grasindo.  

Sugiyono. 2004. Statistik Non-Parametris Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Y. Slamet, 2006. Pengantar Penelitian Kuantitatif,  Surakarta, Jawa Tengah: LPP dan UNS Press.


Jambi, 16 September 2013
Dosen Ybs,



Prof.Dr.H.Muntholib SM.,MS/
Samsu, M.Pd.I.,Ph.D.